Daftar Oleh-Oleh Wajib Saat ke Cirebon

In Wisata 34 views

Source: cirebontrust

Cirebon disebut juga dengan Grage yakni Negeri Gede berarti kerajaan yang luas. Maka, objek wisata yang ada di Cirebon kebanyakan keraton-keraton atau peninggalan sejarah lainnya seperti Taman Sari Gua Sunyaragi. Zaman dulu, Kota Cirebon banyak didatangi oleh orang dari banyak daerah hingga menetap di Cirebon. Namun, hal itu menyebabkan kebudayaannya menjadi beragam dan malah menjadi satu seperti tarian tarling, tari topeng, sintren, gembyung, dan sandiwara cirebonan. Waktu satu hari untuk menikmati Kota Wali ini rasanya masih kurang, lebih baik kamu mencari promo booking hotel untuk lebih banyak mengenal Kota Cirebon. Setelah menjelajah Kota Cirebon jangan dulu langsung pulang, bawalah bingkisan khas Kota Cirebon, di antaranya:

Sirup Tjampolay

Oleh-oleh yang satu ini sudah dikenal sejak dulu tepatnya pada saat awal dibuat 1936. Sempat mengalami pasang surut penjualan hingga sekarang sirup Tjampolay masih diminati oleh masyarakat Cirebon dan juga luar kota. Sirup Tjampolay memiliki berbagai rasa semisal pisang susu, rozen rose, asam jeruk, nanas, melon, leci, mangga gedong, jeruk nipis, dan kopi. Dari semua varian, pisang susu merupakan rasa yang paling terpopuler. Ciri khas dari sirup Tjampolay menggunakan bahan alami tanpa campuran perasa kimia pun begitu dengan gula yang digunakannya. Harga satu botol sirup Tjampolay isi 630ml yakni Rp18.500,- karena bahan yang digunakannya masih alami, ketahannaya pun paling lama hanya tiga bulan, lebih dari itu sirup akan mengkristal. Kamu bisa menggunakan sirup Tjampolay di setiap toko oleh-oleh di Cirebon atau mendatangi pabriknya yang berada di Jalan Elang Raya K 11-12. Kawasan ini pun dekat dengan tempat hiburan dan kamu pun bisa mencari promo booking hotel agar mudah menjangkau pabrik pembuatan sirup Tjampolay.

Oleh-Oleh Kekinian

Para artis sedang menjamur membuat oleh-oleh cake diberbagai kota. Tak ketinggalan, Kota Cirebon pun menjadi target pasar. Ada tiga toko kue artis di Cirebon di antaranya Cirebon Sultanan milik Indra Bekti, Cirebon Kelana milik Ussy Pratama dan Andika, dan Cirebon Cinnamon milik Dhini Aminarti dan Dimas Setto. Cirebon Sultanan merupakan yang paling awal dibuka, harganya mulai dari Rp55.000 dengan pilihan rasa keju, mangga, double choco, blueberry dan chocobanana. Store-nya terletak di Jalan Kartini No. 5. Satu bulan emudian disusul dengan store dari Cirebon Kelana yang berada di Jalan Siliwangi No.169, yang memiliki tujuh varian rasa yakni gedong kaya, cheese lovers, duren puff, red velvet, choco vanilla, double choco crunchy, dan green tea redbean. Harga satu dusnya mulai dari Rp56.000 hingga Rp65.000 sedangkan miliki Dhini Aminarti dan Dimas Setto memilih Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo untuk toko pertamanya. Dengan varian rasa yakni chocolate, apple cinnamon, extra cheese, huzelnut crispy, dan milk banana mulai dari Rp50.000 hingga Rp55.000,-  Dibandingkan membeli online, lebih baik kamu datang ke Cirebon untuk mencicipi oleh-oleh kekinian ini sembari mengunjungi wisata di Kota Wali ini. Dari segi bujet, kamu dapat menghematnya dengan mencari promo booking hotel murah di Cirebon.

Batik Cirebon

Cirebon dikenal memiliki motif-motif batik yang beragam, unik, dan cantik. Tak hanya motif megamendung saja. Selain motif megamendung, kamu dapat melihat corak dari topeng cirebonan, motif pincuk. Ciri khas dari batik Cirebon adalah warnanya yang cerah. Di Cirebon, ada banyak ada satu daerah yang dikenal sebagai penghasil kain atau baju batik dengan kualitas baik tetapi harga terjangkau yakni kawasan Trusmi. Dulunya, Desa ini merupakan penghasil batik yang awalnya kecil tetapi meluas hingga ke desa tetangga. Di kawasan ini, kmau dapat menemukan batik yang sudah dibentuk dalam bentuk dress, daster, sarimbit, dan selendang. Harga batiknya pun bervariasi dan cukup murah, hanya dengan Rp55.000 kamu sudah bisa mendapatkan pakaian batik untuk kerja. Sedangkan untuk dess atau yang lebih modern mulai dari Rp150.000 hingga Rp350.000,- Di kawasan Trusmi juga kamu bisa mencicipi kuliner khas Cirebon lainnya seperti empal gentong dan juga membeli oleh-oleh khas Cirebon. Tertarik untuk mencari penginapan di dekat kawasan Trusmi, kamu dapat mencari info hotel murah di reservasi.

Kerupuk Khas Cirebon

Kota Cirebon mendapatkan julukan Kota Udang. Di sini, udang diolah dalam berbagai bentuk termasuk dalam bentuk kerupuk. Kerupuk udang dari Cirebon memiliki rasa udang yang pekat baik dari segi rasa maupun baunya. Salah satu merek yang populer yakni Padi Kapas berat 250 gr seharga Rp15.000,- Selain kerupuk udang, masih ada kerupuk melarat. Kerupuk ini memiliki warna yang mencolok, terbuat dari tapioka, dan digoreng tanpa menggunakan minyak. Pecaya atau tidak kerupuk ini digoreng di atas pasir yang sudah dibersihkan. Makannya disebut sebagai kerupuk melarat. Biasanya kerupuk ini diberikan bumbu kacang. Penasaran bagaimana rasanya? Segera datang ke Cirebon, mengenai akomodasinya kamu tidak perlu bingung. Tinggal mencari info hotel murah melalui reservasi.

Tags: #Jalan-jalan ke Cirebon #Oleh-oleh Cirebon

author
Author: 
    No related post!

    Leave a reply "Daftar Oleh-Oleh Wajib Saat ke Cirebon"

    Must read×

    Top